Zat Zat Makanan yang Bermanfaat untuk Perkembangan Janin

perkembangan janinBagi setiap orang tua khususnya ibu yang sedang mengandung, memperhatikan perkembangan janin dari waktu ke waktu merupakan sebuah hal yang perlu untuk dilakukan. Dengan melakukan hal ini maka si ibu bisa mengetahui bagaimana kondisi  dari janin yang di kandungnya tersebut apakah sehat atau tidak, ada gangguan ataukah tidak. Untuk melakukan hal tersebut bisa dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan tiap beberapa waktu sekali ke dokter kandungan.

Selain memperhatikan kondisi janin, tentunya ibu yang sedang mengandung juga harus memperhatikan juga asupan makanan yang dikonsumsinya. Karena saat seorang sedang hamil makanan yang ia makan tidak hanya untuk dirinya sendiri akan tetapi juga untuk bayi yang ada dalam kandungannya. Seperti yang kita ketahui bersama bayi dalam kandungan yang belum bia mendapatkan makanan sendiri ini mendapatkan zat zat maknan dan juga oksigen melalui darah yang mengalir pada tubuh ibu tersebut. Darah ibu ini mengalir pada pembuluh kapiler di plasenta / ari ari janin dan  zat zat makanan yang terkandung dalam darah si  ibu seperti glukosa, protein, lemak, oksigen dan lainnya akan sampai ke bayi dengan cara ini

Karena makanan yang dikonsumsi ibu hamil ini sangat berpengaruh untuk kesehatan dan juga perkembangan janin maka tentunya seorang ibu yang sedang hamil harus pintar pintar memilih jenis makanan yang dibutuhkan dirinya dan bayi yang dikandungnya. Beberapa jenis makanan yang biasanya dibutuhkan serta bermanfaat untuk ibu hamil dan bayi yang dikandungnya tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

    1. Makanan yang mengandung zat besi
      Bagi seorang ibu yang sedang hamil zat besi ini memiliki manfaat yang cukup banyak. Misalnya saja dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi maka bisa mencegah terjadinya anemia atau kekurangan darah pada ibu hamil yang secara langsung atau tidak akan mempengaruhi perkembanan janin. Mengonsumsi zat besi dalam jumlah yang tepat juga dipercaya bisa mencegah terjadinya kelahiran bayi prematur, Selan itu zat juga mempengaruhi berat bayi nantinya. Adapun jenis makanan yang mengandung zat besi yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil ini antara lain adalah dari aneka jenis sayuran hijau, kacang merah, ikan dan juga ayam.
    2. Makanan yang Mengandung Asam Folat
      Asam folat merupakan salah satu zat yang berfungsi untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya gangguan saraf pada bayi yang sedang dikandung, mencegah keguguran serta mencegah kelahiran bayi secara prematur. Adapun makanan makanan yang mengandung asam folat ini antara lain adalah bayam, brokoli, tomat, kacang kacangan dan yang sejenisnya.
    3. Makanan Berkalsium
      Kalsium memiliki peranan yang sangat penting dalam perkembangan tulang dan juga gigi dari bayi yang sedang ada dalam kandungan. Karena itu tida mengherankan jika saat seseorang sedang hamil kebutuhan kalsiumnya akan meningkat pesat. Adapun makanan yang mengandung kalsium ini antara lain adalah susu, keju, kacang almond, yoghurt dan lain sebagainya. Yag arus diperhatikan dalam mengonsumsi makanan berkalsium ini adalah sebaiknya jangan dilakukan bersamaan dengan makanan yang mengandung zat besi karena akan saling menghambat penyerapannya.
    4. Makanan yang Mengandung Vitamin
      Vitamin vitamin yang diperlukan oleh bayi yang sedang dikandung ini antara lain adalah vitamin D yang berfungsi untuk mempercepat proses penyerapan kalsium, vitamin C yang bisa membantu pertumbuhan otak dan memori janin, vitamin E yang berfungsi untuk membantu pendistribusian sari makanan ke plasenta , vitamin A yang bisa mencega polutan masuk ke paru paru janin dan vitamin B7 atau biotin yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan janin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *