Vaksin Untuk Orang Dewasa, Manfaat dan Jenis Jenisnya

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Dengan memiliki tubuh yang sehat berbagai aktivitas bisa kita lakukan dengan lebih optimal. Akan tetapi sayangnya tak selamanya tubuh kita ini selalu sehat. Adakalanya kita mengalami gangguan kesehatan entah itu karena penyakit, kecelakaan ataupun yang lainnya. Dan saat tubuh tidak sehat tentunya berbagai aktivitas harian akan terhambat.

Seperti kata pameo mencegah lebih baik dari pada mengobati maka mencegah agar tubuh tidak terserang penyakit penting untuk kita lakukan. Berbagai upaya yang bisa dilakukan dalam upaya pencegahan agartubuh  tidak terserang penyakit. Misalnya dengan makan makanan yang sehat, cukup istirahat, olah raga secara teratur dan menerapkan pola hidup sehat setiaharinya. Akan tetapi terkadang cara cara di atas belum sepenuhnya mampu mencegah timbulnya penyakit. Karena ada penyakit penyakit tertentu yang masih saja menyerang bahkan ke orang orang yang telah menerapkan pola hidup sehat. Apalagi jika kita saat ini berada di daerah yang terkena suatu wabah penyakit. Untuk kondisi seperti ini melakukan vaksinasi merupakan salah satu hal yang harus kita lakukan. Pemberian vaksin ini tentunya dimaksudkan agar antibodi di dalam tubuh bisa semakin kuat untuk mencegah penyakit menyerang. Dengan pemberian vaksin berbagai manfaat bisa kita peroleh. Adapun diantara beberapa manfaat dari vaksinasi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mencegah Penyebaran Penyakit
Semakin banyak orang yang melakukan vaksinasi tentunya semakin sedikit peluang orang untuk terkena penyakit dan menularkannya. Jadi dengan kata lain pemberian vaksin ini bisa menekan tingkat persebaran jenis penyakit tertentu seperti difteri misalnya.

2. Melindungi Resiko Cacat Tubuh
Beberapa penyakit yang disebabkan virus bisa saja menyebabkan cacat pada tubuh. Sebagai contoh virus rubella yang menyerang orang yang sedang hamil berpotensi menyebabkan bayi yang dikandungnya cacat. Dan pemberian vaksin MMR bisa mencegah orang untuk tidak terserang virus rubella tersebut sehingga tubuh bayi bisa terlindungi dari kecacatan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Pemberian vaksin akan meningkatkan antibodi atau daya tahan tubuh sehingga tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Tentunya daya tahan orang yang divaksin dan yang tidak divaksin akan berbeda.

Vaksinasi Untuk Orang Dewasa

Bagi sebagian orang mungkin vaksinasi hanya dianggap cocok dilakukan terhadap bayi dan anak anak saja. Akan tetapi sebenarnya orang dewasapun juga membutuhkan vaksinasi. Hal ini karena orang dewasa juga rentan terkena penyakit apalagi jika dulu ketika masih kecil belum divaksin sama sekali. Pemberian vaksin dewasa ini tentunya agak berbeda dengan anak anak baik dari segi jenis maupun dosisnya. Hal ini karena kondisi tubuh antar orang dewasa dan anak anak pastinya berbeda, bisa saja orang dewasa tersebut dalam kondisi hamil, terkena diabetes ataupun penyakit lainnya yang memerlukan perlakuan khusus dalam pemberian vaksin ini. Adapun untuk jenis vaksinasi dewasa yang umum dilakukan diantaranya adalah vaksin berikut ini :

1. Vaksinasi influenza
2. Vaksinasi Pneumonia
3. Vaksinasi HPV (Human Papiloma Virus)
4. Vaksinasi Hepatitis A dan B
5. Vaksinasi DPT (difteri, pertusis, dan tetanus)
6. Vaksinasi Varisela / Cacar
7. Vaksinasi Measles, Mumps, dan Rubella (MMR)

Untuk melakukan vaksinasi penyakit penyakit tersebut di atas saat ini juga sudah cukup mudah untuk dilakukan. Kita bisa menggunakan aplikasi halodoc untuk mencari rumah sakit, klinik atau fasilitas kesehatan lainnya yang melayani vaksinasi dewasa ini. Sebelum melakukan vaksinasipun kita bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter yang tepat menggunakan aplikasi halodoc ini.

Updated: October 1, 2020 — 2:39 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *