Tips Memilih Aplikasi Kasir Untuk Keperluan Usaha

Grafik vektor gratis dari Kotak uang

Bisnis sektor ritel sampai saat ini masih menjadi salah satu jenis usaha yang memiliki prospek cukup bagus. Meski pertumbuhan sektor ritel ini sempat minus di pertengahan pandemi kemarin namun seiring pulihnya kondisi perekonomian kondisi penjualan ritel atau eceran ini semakin membaik. Tercatat di bulan mei yang lalu penjualan ritel mengalami pertumbuhan sebesar 5 persen.

Cukup bagusnya prospek bisnis ritel ini tentunya membuka peluang bagi kita untuk terjun ke dalamnya. Dan jenis usaha ritel sendiri sebenarnya cukup beragam mulai dari toko, restoran, showroom mobil dan lain sebagainya. Sehingga kita bisa memilih mana sektor usaha ritel yang sesuai dengan kondisi kita baik secara permodalan, lokasi maupun yang lainnya.

Sebagai bisnis dengan prospek yang cerah tentunya tingkat persaingan usaha ritel ini sangat ketat. Sehingga untuk bisa sukses di bisnis ini tak hanya melulu mengandalkan kualitas produk dan pelayanan saja, akan tetapi juga terpengaruh beberapa faktor lainnya. Salah satunya adalah dalam soal efektifitas dan efisiensi usaha.

Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi usaha ini salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Misalnya saja untuk keperluan pencatatan transaksi kita menggunakan software POS (point of sales).

Software POS atau orang sering menyebutnya sebagai aplikasi kasir merupakan salah satu aplikasi yang saat ini sudah banyak dipakai oleh para pelaku usaha baik offline maupun online untuk mempermudah operasional usaha mereka. Aplikasi ini bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari pencatatan transaksi penjualan, laporan penjualan, stok inventaris hingga laporan lainnya termasuk juga perhitungan pajak bisa dilakukan oleh aplikasi kasir. Dengan adanya fungsi fungsi di atas akan menjadikan data transaksi maupun stok barang lebih akurat.

Akan tetapi tentu saja untuk bisa mendapatkan manfaat seperti di atas kita perlu memilih aplikasi kasir yang tepat. Sesuaikan aplikasi kasir yang akan digunakan dengan kebutuhan kita. Dan beberapa tips di bawah berikut ini bisa anda terapkan ketika akan memilih sebuah aplikasi kasir.

Ketahui Apa Saja Fitur Aplikasi Kasir yang Anda Butuhkan

Salah satu langkah awal dalam memilih aplikasi kasir adalah mengetahui apa saja sih kebutuhan anda. Dengan tahu apa yang dibutuhkan maka anda bisa memilih aplikasi kasir dengan fitur yang sesuai. Untuk fitur dari aplikasi kasir sendiri sebenarnya cukup beragam, namun umumnya aplikasi kasir punya fitur fitur pencatatan, mulai dari pencatatan stok barang, transaksi masuk, transaksi keluar, rekap data penjualan, dan yang sejenisnya. Selain soal fitur utama tersebut pastikan juga aplikasi kasir yang kita pilih memiliki fitur keamanan yang memadai dan memiliki hak akses pengguna yang bisa diatur sesuai kebutuhan

Pilih Aplikasi Kasir yang Mudah Untuk Digunakan

Selanjutnya kita juga perlu untuk memilih aplikasi kasir dengan user interface yang mudah dimengerti dan digunakan. Sehingga kita atau karyawan kita tidak akan kesulitan saat menggunakan aplikasi ini. Dan jika memang kita merasa perlu kita bisa meminta untuk melihat demo dari aplikasi kasir yang ada.

Pertimbangkan Soal Harga Aplikasi Kasir

Karena salah satu tujuan dari penggunaan aplikasi kasir ini adalah untuk meningkatkan efisiensi usaha maka faktor harga juga menjadi salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan. Pastikan harga aplikasi kasir yang akan kita pakai sesuai dengan budget yang kita miliki. Pastikan juga harga ini setara dengan fitur fitur yang dimiliki oleh aplikasi kasir tersebut.

Pastikan Pilih Aplikasi Kasir dengan Reputasi Bagus

Salah satu hal terpenting yang juga patut untuk kita terapkan dalam memilih aplikasi kasir adalah dengan memilih yang memiliki reputasi bagus. Aplikasi kasir dengan reputasi bagus ini bisa dilihat dari review orang orang yang menggunakannya, customer servicenya maupun soal pengalaman dari aplikasi kasir tersebut. Dan salah satu aplikasi kasir dengan reputasi bagus yang bisa anda coba adalah aplikasi kasir dari mokapos.

Updated: June 17, 2022 — 4:43 pm

Leave a Reply