SOLUSI AGAR TAGIHAN LISTRIK TIDAK MEMBENGKAK

Image

Kebutuhan listrik kini merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan masyarakat. Sebab hampir sebagian peralatan rumah tangga menggunakan listrik. Apakah anda pernah mengalami tagihan listrik yang membengkak? Padahal anda merasa menggunakan listrik sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan bukan. Tanpa kita sadari memang banyak hal sepele yang kita lakukan yang menyebabkan listrik menyala dan membuat tagihan listrik kita ikut naik. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan Alat listrik hemat energi dengan kegunaan yang sama tapi energi yang dihasilkan beda. Tidak hanya alat rumah tangga yang hemat energi banyak juga alat kebutuhan kantor yang hemat energi dalam PT Sewatama jadi anda tidak perlu khawatir akan tagihan listriknya. Simak tips yang bisa kamu lakukan agar tagihan listrikmu tidak membengkak :

Cabut kabel dan sebaiknya hindari penggunaan mode stanby

Mungkin Anda termasuk salah satu yang seringkali membiarkan perangkat charger gadget dibiarkan tersambung dengan lubang colokan listrik. Ada baiknya, jangan teruskan kebiasaan ini. Meski tak digunakan atau dalam keadaan mati, pengisi daya yang masih tertancap di saklar tetap teraliri listrik. Listrik ini terbuang sia-sia. Meski jumlah daya yang digunakan relatif kecil, namun dalam waktu berjam-jam, ada daya cukup besar yang terbuang percuma. Listrik yang terbuang bisa lebih besar jika ada lebih dari satu penghuni rumah yang melakukan kebiasaan buruk ini. Hal ini tentu bisa menambah beban tagihan listrik di rumah untuk cara menghemat listrik.

Jangan pakai AC terlalu sering

Di banyak rumah, AC merupakan perangkat elektronik yang memakan energi listrik paling besar dibandingkan peralatan lainnya. Mengurangi penggunaan AC, akan membuat biaya tagihan listrik berkurang drastis. Jika memang sulit melepaskan dari ketergantungan pendingin ruangan, sebaiknya pilih AC yang memiliki kemampuan hemat energi dari pabrik pembuatnya, seperti AC otomatis yang bisa menaikkan atau menurunkan suhu secara otomatis di dalam ruangan. Selain itu, hindari penggunaan AC di ruangan yang terlalu luas. Jika ingin hemat listrik, AC sebaiknya hanya dipakai di ruangan yang kecil seperti kamar.

Beralih menggunakan lampu LED

Agar pemakaian listrik di rumah bisa tekan, tinggalkan lampu penerangan berupa lampu pijar dan lampu halogen yang cenderung boros listrik. Ganti listrik di rumah dengan menggunakan lampu LED sebagai cara menghemat listrik. Selain hemat listrik, lampu LED juga lebih awet usia pakainya, sehingga secara langsung bisa menghemat pengeluaran. Lampu LED juga tidak menghasilkan panas berlebih seperti lampu LED, membuatnya bisa menjaga ruangan tetap dingin tanpa AC. Kamu bisa mendapatkan Alat listrik hemat energi sesuai dengan keinginanmu di PT Sewatama

Manfaatkan sirkulasi dan ventilasi yang baik

Ventilasi rumah yang baik bisa sangat menekan tagihan listrik. Karena cahaya dalam rumah dari sinar matahari sepanjang siang bisa menggantikan penggunaan lampu penerangan. Maksimalkan penggunaan jendela maupun partisi kaca untuk menerangi ruangan. Atap yang transparan juga efektif mengurangi pemakaian listrik. Kemudian sirkulasi udara yang baik membuat rumah tetap dingin meski tanpa penggunaan pendingin ruangan.

Updated: October 28, 2020 — 10:17 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *