Olahan Sarapan Pagi dengan Kunyit dari TaniHub

Kunyit adalah salah satu rempah yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bumbu dapur yang digunakan pula sebagai pewarna makanan alami ini mengandung banyak antioksidan.  Pemanfaatannya cukup mudah, dapat diolah menjadi berbagai sajian dari resep-resep terbaik TaniHub. Platform belanja kebutuhan masak online ini siap menyiapkan bumbu dapur, sayuran, hingga sumber protein yang segar.

  1. Lontong Sayur

Lontong sayur merupakan salah satu olahan dan menu sarapan sehat yang kerap kali dijumpai pada pagi hari. Makanan ini disajikan menggunakan lontong dan kuah kari berwarna kuning yang bercampur dengan santan kental.

Warna kuning tersebut tentu berasal dari turmeric. Lauk pendampingnya berbeda-beda, bisa menggunakan telur, ayam, hingga daging sapi. Cara membuatnya juga tidak sulit. Kuah lontongnya bisa berasal dari berbagai jenis olahan kari, salah satunya gulai ayam.

Tumis bawang bombay dan cincang sampai kecokelatan, kemudian siapkan bumbu halus yang terdiri dari cabai, bawang merah dan putih, jahe, serta turmeric. Setelah itu, tumis bersama bawang bombay.

Tambahkan sedikit sereh, daun jeruk, dan lengkuas. Setelah itu masukkan bumbu kari, kentang, dan telur rebus. Bumbui dengan garam atau kaldu ayam bubuk. Tambahkan air dan tunggu sampai mendidih, kemudian tuang santannya. Kuah tersebut harus sembari diaduk supaya campuran santannya tidak pecah.

  1. Nasi Goreng Kunyit

Sekilas mirip nasi kuning karena warnanya. Namun, makanan ini jelas berbeda. Bumbunya masih menyerupai bumbu pada nasi goreng biasa. Perbedaannya hanya terletak pada kunyit. Bumbu dapur tersebut memberikan cita rasa khas yang berbeda, sehingga sebuah nasi goreng sederhana akan terasa lebih istimewa. Cara membuatnya juga jauh lebih mudah. Haluskan bawang bersama turmeric, kencur, dan garam. Tumis dan pakai telur untuk diorak-arik. Nasi dapat diaduk sampai bumbu bercampur merata.

  1. Turmeric Latte

Selain makanan, ada pula minuman berbahan turmeric yang juga cocok dijadikan pendamping sarapan. Turmeric Latte merupakan minuman khasnya orang barat yang terbuat dari campuran susu.

Berbeda dari minuman Indonesia yang biasanya menggunakan kunyit asam, minuman ini menyajikan rasa yang creamy dan lezat. Turmeric latte juga mengandung antioksidan dan anti inflamasi. Minum ini setiap hari bisa membuat kamu terhindar dari flu.

Kunyit akan dihaluskan bersama jahe, madu, kayu manis bubuk, sedikit garam, almond butter, dan air. Supaya terasa lebih lezat, tambahkan bubuk kayu manis di atasnya.

  1. Telur Dadar Tepung Beras Daun Kunyit

Seperti namanya, lauk sarapan pagi sederhana ini terbuat dari campuran tepung beras dan daun turmeric. Telur dadar akan terasa lebih padat dan besar, sekaligus mengenyangkan. Campuran daun turmeric akan memberikan aroma yang khas dan tentunya berbeda.

  1. Nasi Kuning

Sarapan paling familiar dan dikenal oleh masyarakat Indonesia ini memiliki warna kuning yang berasal dari turmeric. Campuran atau lauk pendampingnya bisa berupa kacang teri manis, orek tempe, telur balado, telur orak-arik, ayam goreng, hingga bihun. Selain itu, nasi kuning juga memakai taburan bawang goreng dan potongan timun. Nasi biasanya akan terasa lebih pulen dan khas.

Kunyit juga bisa digunakan untuk membuat mie dan bumbu ayam goreng. Ingin membuat olahan sarapan terlezat dengan turmeric untuk keluarga? Belanja segela kebutuhan masaknya di TaniHub. Tidak hanya menyediakan ayam untuk lontong sayur, TaniHub juga memproduksi berbagai bumbu dapur dan sayuran segar. Sayuran dan buah merupakan hasil dari pertanian lokal dan didukung oleh fasilitas aman. Barang belanjaan akan cepat sampai tanpa harus repot keluar rumah.

Updated: July 31, 2021 — 12:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *