Menstruasi Datang Tidak Lancar? Begini Cara Mengatasinya!

Mengalami tamu bulanan berupa menstruasi merupakan hal yang rutin dialami oleh wanita setiap bulannya. Saat menstruasi, darah kotor di dalam rahim akan dikeluarkan dari dalam tubuh. Umumnya kondisi ini akan berlangsung selama 2-7 hari. Normalnya siklus menstruasi ini akan terjadi setiap 28-35 hari. Namun ada beberapa wanita yang terkadang memiliki siklus kurang lancar dan membuatnya menstruasi bahkan dalam waktu, 2, 3, atau bahkan 4 bulan sekali.

Menstruasi yang tidak lancar dan terjadi berkali-kali perlu mendapatkan perhatian yang serius. Karena dikhawatirkan mengalami gangguan kesehatan tertentu. Karena kondisi tidak normal ini tentunya terjadi bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang memicunya, seperti stress, depresi, pola makan yang tidak sehat, pola hidup yang tidak sehat, berat badan yang naik turun secara drastis, adanya resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan rahim dan organ intim, serta gangguan kelenjar tiroid dalam tubuh. Tentunya Anda harus mencari cara melancarkan haid yang terlambat 4 bulan atau bahkan lebih agar kembali normal atau lancar. Untuk itu, berikut ini ada beberapa tips yang akan dibagikan untuk Anda.

Menstruasi yang tidak lancar dan terjadi berkali-kali perlu mendapatkan perhatian yang serius. Karena dikhawatirkan mengalami gangguan kesehatan tertentu. Karena kondisi tidak normal ini tentunya terjadi bukan tanpa sebab. Ada beberapa faktor yang memicunya, seperti stress, depresi, pola makan yang tidak sehat, pola hidup yang tidak sehat, berat badan yang naik turun secara drastis, adanya resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan rahim dan organ intim, serta gangguan kelenjar tiroid dalam tubuh. Tentunya Anda harus mencari cara melancarkan haid yang terlambat 4 bulan

  1. Menerapkan pola hidup sehat, seperti istirahat cukup, menghindari rokok dan alkohol,
  2. Mengkonsumsi makanan yang dipercaya mampu mendapatkan menstruasi yang lancar secara teratur, seperti wortel, kunyit, daun pepaya, air kepala hijau, jahe, air putih yang cukup, dan sayuran hijau.
  3. Menjaga berat badan untuk tetap stabil.
  4. Mengganti alat kontrasepsi.
  5. Berolahraga teratur

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa Anda lakukan supaya haid teratur kembali. Perlu diketahui menstruasi yang tidak lancar bisa menimbulkan resiko berjerawat di wajah dan punggung. Selain itu pola hidup dan makan yang tidak sehat, seperti merokok, minum minuman keras yang menjadi pemicu tidak lancarnya menstruasi, jika tidak diubah akan meningkatkan resiko terkena kanker rahim, kanker serviks, dan penyakit mematikan lainnya.

Jika setelah melakukan berbagai tips tersebut namun menstruasi belum lancar, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Sehingga bisa mengetahui lebih pasti penyebab terjadinya haid tidak lancar, serta agar mendapatkan penanganan pengobatan yang tepat. Nah, jika setelah berupaya dengan tips tersebut dibantu dengan periksa ke dokter, Anda mengalami haid dengan lancar setiap bulannya.

 

 

Updated: November 6, 2019 — 6:02 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *