Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Tidak hanya orang dewasa saja, namun bayi juga bisa terserang perut kembung. Perut kembung pada bayi membuat bayi tidak nyaman sehingga dia dapat menjadi penyebab bayi kerap rewel dan sering menangis tanpa alasan. Sebenarnya perut kembung pada bayi hingga usia 3 bulan termasuk hal yang wajar, karena memang saluran pencernaannya belum berfungsi sempurna. Seiring bertambahnya usia, bayi juga dapat mengalami perut kembung karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya. Oleh sebab itu Anda perlu mengenali tandanya dan mengetahui Obat mengatasi perut kembung.

Pada saluran pencernaan memang terdapat gas atau udara. Namun yang menjadi masalah jika gas di dalamnya berlebih. Pada anak yang lebih besar atau orang dewasa, gas tersebut dapat dengan mudah dikeluarkan. Namun cara mengatasi perut kembung pada bayi berbeda. Pasalnya, beberapa bayi tidak dapat dengan mudah mengeluarkan gas dari dalam perutnya dan membutuhkan bantuan orang dewasa untuk mengeluarkannya. Sebelum mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi, Anda perlu mengenali tanda perut kembung pada bayi. Perut kembung biasanya disebabkan akibat menelan udara atau penguraian makanan melalui pencernaan. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi, antara lain:

1. Makanan yang dikonsumsi ibu

Bayi yang masih minum ASI dapat menghasilkan gas yang berlebihan saat ibu si kecil makan sayuran pembentuk gas seperti kembang kol, brokoli, kol, bawang bombai, atau kacang.

2. Salah posisi saat menyusui

Hal ini juga bisa menjadi penyebab bayi mengalami perut kembung. Jika posisi payudara atau botol susu salah posisi bisa membuat bayi menelan terlalu banyak udara.

3. Laktosa berlebihan

Hal ini terjadi biasanya ketika bayi mendapat terlalu banyak foremilk (ASI awal setiap kali si kecil mulai menyusui) yang kaya akan laktosa tapi rendah lemak. Kemudian tidak semua laktosa dicerna karena tidak ada cukup lemak untuk memperlambat proses ini. Akibatnya, terjadilah penumpukan gas yang berlebih pada perut bayi.

Jika bayi Anda mengalami kembung dan muntah yang tidak wajar, maka obat muntah aksi cepat sesuai dengan anjuran dokter dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda di dalam mengatasinya.

Updated: December 26, 2019 — 7:50 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *