Memilih Genset yang Sesuai Untuk Industri

Kebutuhan akan genset cadangan listrik sangat diperlukan untuk gedung maupun industri untuk menjaga pasokan energi listrik. Karena hal itu supaya kebutuhan listrik bisa terpenuhi secara optimal dan maksimal, maka dibutuhkan genset dengan kapasitas yang sesuai dengan industri yang dijalankan. Kamu bisa memilih sewa genset dengan kapasitas yang tepat memiliki beberapa manfaat seperti mencegah kegagalan sistem, mencegah shutdown karena overload. Ada beberapa cara untuk menghitung kapasitas genset yang dibutuhkan, seperti berikut ini:

Mempertimbangkan Lokasi Industri

Hal yang harus dipertimbangkan untuk menentukan jenis genset adalah lokasi, karena lokasi yang sulit dialiri listrik biasa akan membutuhkan kapasitas genset yang lebih besar. Dan akses jalan menuju lokasi juga sangat menentukan dimensi genset yang bisa digunakan. Untuk industri seperti di daerah terpencil, pengeboran minyak offshore dan kawasan pertambangan, genset digunakan sebagai pemasok utama aliran listrik industri.

Menghitung Daya Listrik yang Dibutuhkan

Genset memiliki beberapa kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, dan untuk mendapatkan kapasitas genset yang sesuai, maka harus diperhitungkan secara matang daya listriknya. Untuk itu sebelumnya bisa membuat daftar alat industri, mesin pabrik dan barang-barang elektronik apa saja yang membutuhkan aliran listrik. Kemudian menghitung masing-masing daya yang dibutuhkan supaya genset bisa memenuhi kebutuhan industri saat aliran listrik utama padam. Lalu kamu perhitungkan juga daya yang bisa disuplai oleh genset, karena umumnya genset menggunakan satuan kVA untuk menyatakan jumlah daya yang mampu disuplai.

Untuk kebutuhan daya listrik industri biasanya dinyatakan dalam satuan kW, maka dari itu harus disesuaikan agar diperoleh daya yang sesuai. Untuk sistem genset normal, yang 100% efisien, angka kW = angka kVA, tetapi untuk genset tidak pernah 100% efisien biasanya memiliki power sebesar 80%. Kamu bisa menghitungnya, untuk kapasitas genset dan kebutuhan daya secara akurat, bisa menggunakan rumus kW = kVA X Power Factor atau kVA = kW / Power Factor. Apabila genset digunakan sebagai sumber energi listrik utama, maka pilihlah genset dengan kapasitas yang lebih besar dari kebutuhan, yang bisa kamu dapatkan di Sewatama.

Updated: December 10, 2019 — 7:56 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *