Keutamaan yang Bisa di Dapatkan dari Baca Doa Setelah Adzan

Adzan ini adalah sebuah tanda supaya kita segera melaksanakan perintah Allah SWT, karena hal ini adzan memiliki keistimewaan sendiri. Ini dia beberapa keistimewaan dari baca doa setelah azan:

  • Diampuni Dosanya

Membaca doa setelah adzan bisa membuat kita diampuni dosanya, ini dia hadistnya: “Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan ( artinya ) : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku”. Maka akan diampunilah dosanya.” (HR Muslim)

  • Mendapatkan Syafaat

Keistimewaan selanjutnya yaitu kita bisa mendapatkan syafaat di hari kiamat, hal ini sesuai dengan hadist:  “Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya) : Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat.” (HR Bukhari – Muslim).

  • Mendapatkan keutamaan

Baca doa setelah adzan memiliki keutamaannya sendiri, hal ini sesuai dengan hadist: “Barang siapa yang berdo’a (membaca) setelah mendengarkan panggilan suara adzan (yaitu artinya) : Ya Allah yang memiliki seruan (do’a) yang sempurna ini serta shalat yang akan didirikan, limpahkanlah pada Nabi Muhammad satu kedudukan (di surga) dan keutamannya dan bangkitkanlah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan yang bagi pembaca do’a ini akan mendapatkan syafaatku (pertolonganku) nanti pada hari kiamat.” (HR. Bukhari)

  • Doanya Mustajabah

Berdoa ketika setelah adzan sangatlah di anjurkan karena waktu ini termasuk waktu yang mustajabah, ini dia hadistnya sesuai dengan sabda Rasulullah “Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi” (HR Abu Daud 524 dan IbnHibban 1695 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

  • Surga bagi yang berdoa

Keistimewaan membaca doa setelah adzan ini akan ada keistimewaan untuk masuk surga, ini dia hadistnya: “Rasullullah pernah bersabda :Siapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini Bilall dengan yakin akan masuk surga” (HR Ahmad 8624,Nasai 674 & Syuaib Al-Arnauth)

  • Jadi saksi sebuah kebaikan untuk yang berdoa

Seseorang yang jadi pendengar dan mengumandangkan adzan mereka ini adalah seorang yang jadi saksi dalam sebuah kebaikan. Saksi ini diberikan langsung oleh Allah SWT. Tapi jika coba untuk di hubungkan dengan membaca doa setelah adzan maka seorang muslim yang berdoa yang lebih dulu, ini dia hadistnya: “Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat” (HR.Bukhari 609)

Doa Setelah Adzan

Setelah kita tahu keistimewaan yang bisa didapatkan setelah adzan berkumandang maka sebaiknya kita cari tahu mengenai doa yang bisa dibaca setelah adzan, supaya kita juga bisa mendapatkan berbagai keistimewaan tersebut. Ini dia doa setelah adzan:

“Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aadz”

Artinya:
“Yaa Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karuniaMu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan.”

Updated: December 19, 2021 — 8:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *