Inilah Beberapa Penyebab Sakit Perut Kiri Bagian Bawah Pada Wanita

Apakah kamu pernah mengalami rasa sakit perut sebelah kiri bagian bawah? Jika iya, maka kondisi tersebut merupakan indikasi bahwa kamu memiliki masalah kesehatan. Pada kebanyakan wanita, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya rasa sakit di area perut kiri bagian bawah lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

1. Dismenore (Kram Menstruasi)

Pada umumnya, kram terjadi sebelum dan selama periode menstruasi. Tingkatan rasa sakitnya pun mulai dari yang kecil hingga rasa sakit yang benar-benar bisa mengganggu aktivitas. Kendati demikian, kram menstruasi bukanlah masalah yang masalah serius. Akan tetapi, jika kamu mengalami beberapa gejala seperti kram yang mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

2. Endometriois

Ketika kondisi jaringan yang biasanya melapisi bagian dalam rahim juga tumbuh di luar rahim, maka hal tersebut bisa menyebabkan rasa sakit di area perut kiri bagian bawah. Bahkan yang gawatnya lagi, masalah ini bisa jadi memicu kemandulan lho!

Tak hanya itu, terdapat juga gejala lainnya seperti kram menstruasi yang terasa sangat menyakitkan dan terus memburuk seiring berjalannya waktu. Kamu juga akan merasa kesakitan saat melakukan hubungan intim dengan pasangan, saat buang air kecil, buang air besar, periode menstruasi yang berat, serta bercak di antara periode menstruasi.

3. Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan di dalam, atau di permukaan ovarium. Kista itu sendiri terbentuk sebagai bagian dari siklus haid normal wanita. Menurut informasi yang didapat, kebanyakan kista tidak akan menimbulkan gejala dan bisa hilang tanpa melakukan pengobatan dalam kurun waktu beberapa bulan.

Akan tetapi, ukuran kista yang cukup besar bisa menyebabkan rasa tidak nyaman. Hasilnya, kondisi tersebut akan menekan kandung kemih sehingga keingingan untuk buang air kecil akan semakin meningkat. Kista yang pecah bisa menyebabkan beragam masalah serius, seperti sakit parah hingga pendarahan internal.

Namun, ada gejala yang wajib kamu waspadai seperti rasa sakit perut di sebelah kiri yang sangat menyiksa. Terlebih jika disertai dengan kondisi mual, muntah, demam, pernafasan yang cepat, kulit terasa dingin – lembap, pusing, dan tubuh mudah lelah.

4. Torsi Ovarium

Untuk kasus torsi ovarium yang besar, makahal itu bisa menyebabkan ovarium berubah posisi dalam tubuh wanita. Sehingga akan meningkatkan risiko torsi ovarium, yaitu puntiran ovarium yang menyakitkan dan bisa menjadi pemotong suplai darah. Tak hanya itu, saluran tuba juga akan terpengaruh oleh kondisi tersebut.

Torsi ovarium bisa terjadi pada kehamilan atau penggunaan hormon untuk meningkatkan ovulasi. Torsi ovarium cinderung jarang terjadi, dan pada umumnya memerlukan waktu cukup lama agar gejalanya dapat berkembang. Salah satu cara efektif untuk mengatasi masalah torsi ovarium, yakni dengan melakukan pembedahan.

5. Penyakit Radang Panggul

Rasa sakit di area perut sebelah kiri bagian bawah bisa jadi salah satu pertanda, bahwa kamu mengidap penyakit radang panggul. Penyakit ini merupakan infeksi pada sitem reproduksi wanita, yang biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti klamidia dan gonore.

Tak hanya rasa sakit di area perut kiri bagian bawah, penyakit ini juga akan disertai dengan gejala lain seperti demam, keputihan yang berbau tidak sedap, rasa sakit atau pendarahan saat berhubungan intim, sensasi panas ketika buang air kecil, dan pendarahan di antara periode.

Updated: January 27, 2021 — 6:55 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *