Cara untuk Mengobati Luka Diabetes

Jika dibandingkan dengan jenis luka yang lainnya, maka untuk luka diabetes cenderung memiliki masa penyembuhan yang jauh lebih lama. Luka diabetes memang harus segera ditangani dengan cepat dan tepat karena jika dibiarkan terus-menerus maka luka tersebut akan menyebar dan hal ini akan berakhir dengan amputasi.

Supaya Anda lebih mudah dalam mengobati luka pada pasien diabetes, maka Anda bisa mengikuti beberapa langkah sederhana yang ada di bawah ini, yaitu:

1. Bersihkan luka

Anda harus membersihkan luka diabetes secara tepat, yaitu dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun. Jika sudah maka Anda dapat mengeringkan menggunakan handuk dan mengoleskan salep antibiotik sesuai yang direkomendasikan dokter. Tujuannya yaitu supaya terbebas dari adanya kuman. Untuk perban juga harus diganti setiap harinya supaya kondisi luka tetap terjaga kebersihannya.

2. Hindari tekanan pada luka

Cara selanjutnya yaitu dengan menghindari tekanan pada luka, misalnya yaitu menghindari pakaian yang ketat. Karena luka yang banyak mengalami tekanan akan lebih memperparah luka, sehingga akan lebih sulit disembuhkan.

3. Rutin mengontrol kadar gula darah

Apabila Anda memiliki kadar gula darah yang tidak terkontrol secara rutin, maka akan lebih mempersulit proses penyembuhan pada luka. Sementara dengan mengetahui kadar gula pada jarak inilah maka akan menjadikan diri Anda lebih memperhatikan pola makan yang lebih sehat.

4. Asupan makanan

Asupan makanan perlu diperhatikan dengan baik karena melalui asupan makanan yang tepat inilah dapat mempercepat proses penyembuhan dari luka diabetes. Salah satu asupan makanan yang dibutuhkan bagi para penderita diabetes untuk mempercepat proses penyembuhan yaitu protein dan nutrisi. Melalui kedua kandungan inilah yang bisa memperbaiki jaringan tubuh serta jaringan kulit supaya tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Dalam merawat luka diabetes memang tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara, karena mengingat bahwa luka diabetes berbeda dengan jenis yang lainnya. Dalam kondisi seperti ini Anda harus rutin dalam mengkonsultasikan kondisi Anda pada dokter. Saat ini sudah ada pelayanan konsultasi dokter secara gratis dan bisa dilakukan melalui online, sehingga Anda bisa memanfaatkannya melalui guesehat.com. Cukup dengan mengandalkan smartphone, maka Anda sudah bisa mencari tahu seputar informasi yang berhubungan dengan kesehatan Anda, termasuk perawatan luka.

Updated: January 3, 2020 — 10:40 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *