Cara menghitung berat badan ideal untuk ibu hamil

Kelahiran sang buah hati memang hal yang paling ditunggu tunggu oleh semua orang, tidak hanya ingin memiliki keturunan yang ditunggu tapi ingin sekali memiliki mainan yang bisa membuat rumah menjadi lebih ramai. Selama proses kehamilan berlangsung anda akan merasakan perubahan tidak hanya dari emosi jiwa dan raga tapi perubahan dari berat badan sang ibu. Para ibu beranggapan bahwa selama hamil berat badan akan semakin meningkat dan membuat badan ini menjadi melar. Jangan salah tidak semua kehamilan selalu diikuti dengan kenaikan berat badan yang signifikan karena beberapa orang sering kedapatan underweight diawal kehamilan.

Oleh karena itu, anda membutuhkan sebuah alat untuk dapat mengetahui berat badan ideal anda agar bayi dan ibunya pun tetap seimbang. Salah satu caranya adalah menggunakan Kalkulator Berat Badan Ibu Hamil. Kalkulator ini berfungsi untuk mengukur berat badan para ibu untuk setiap kenaikan berat badan perbulannya. Karena kemajuan yang sangat pesar Kalkulator Berat badan ibu hamil ini sudah bisa digunakan melalui aplikasi online atau website online yang bisa didapatkan secara langsung dan mudah. 

Sebenarnya kenaikan berat badan pada saat hamil itu adalah hal yang wajar, tidak perlu dikhawatirkan. Apalagi jika anda tiba tiba memiliki berat badan yang naik secara drastic hal itu jangan dibawa pikiran karena akan membuat anda menjadi stress dan tidak baik untuk ibu maupun bayiKenaikan berat badan itu diperngaruhi oleh makanan sang ibu yang akan lari ke bagian plasenta bayi dan memberikan bayi makanan yang bermanfaar dan bervitamin. Ketika banyak orang yang mengatakan kok ibunya kecil tapi perut babynya besar sekali” nah kata kata ini memungkinkan bahwa anda tidak terlalu menyimpan banyak lemak hasil dari makanan yang anda serap melainkan anak anad atau bayi anda yang berada dalam rahim mengambil seluruh makanan sehingga membuat perut anda terlihat lebih besar.

Perlu anda ketahui juga, ketika anda hamil yang berada didalam tubuh anda tidak hanya bayi loh tetapi terdapat juga plasenta dan air ketuban yang memungkinkan sekali berat badan anda naik secara signifikan dan mengejutkan. Untuk ibu ibu semua yang ingin mengetahui kenaikan berat badan anda ketika hamil anda bisa menggunakan dasar perhitungan dari BMI atau Body Mass Index yang dimana penilaiannya sudah internasional dan digunakan diberbagai belahan dunia.

Rumusnya dijelaskan sebagai berikut Berat badan (dalam kg) dibagi Kuadrat tinggi badan dalam ukuran meter. Contohnya adalah jika berat badan mama sebelum hamil adalah 58 kg dengan tinggi 160 cm. berarti cara perhitungannya adalah 58 : (1,6 x 1,6)= 22,66. Belum sampai disitu saja, setelah anda mendapatkan angka tersebut anda harus bisa membaca panduan berat ideal dari Institute of Medicine (IOM) yang dimana perhitungan nya terdapat perhitungan underweight, normal atau malah overweight. Nah BMI yang pertama jika dibawah 18.5.

Dengan nilai BMI sebesar itu maka anda akan kedapatan berat badan yang sifatnya underweight atau berada dibawah angka nomal karena sebaiknya kenaikan berat ideal itu ada diantara 12 hingga 18 kg. walaupun dengan perhitungan tersebut bunda juga harus tetap melakukan pemeriksaan secara langsung ya apakah beratnya ideal atau tidak. Lebih berbahaya jika bayi atau ibu tidak ada kenaikan berat badan sama sekali karena bayi kemungkinan besar akan mengalami premature, kekurangan gizi atau penyakit lainnya saat dilahirkan.walaupun anda harus mengontrol asupan makanan anda anda harus tetap bisa makan makanan yang bergizi karena untuk memenuhi berat bayi dan juga berat dari ibu.

Updated: October 9, 2019 — 9:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *