Cara Mencegah Balita Terserang Flu

Sebagai seorang ibu, Anda pasti sangat khawatir saat anak bayi atau balita terserang flu. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, namun flu bisa menyebabkan berbagai gejala yang membuat tubuh tidak nyaman misalnya hidung tersumbat, batuk berdahak, hingga demam. Apalagi jika gejala ini dialami bayi, Anda pasti khawatir bagaimana memilih obat flu untuk bayi yang aman.

Mengenal Penularan Penyakit Flu

Penyakit flu atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA (virus influenza). Jenis virus ini sangat mudah menyebar lewat percikan air liur yang keluar saat penderitanya bersin, batuk, atau berbicara. Virus yang menempel pada tangan penderita juga bisa menular ke orang lain lewat berjabatan atau sekedar sentuhan.

Orang dewasa bisa menularkan flu sejak hari pertama ia mulai merasakan gejala seperti bersin-bersin sampai 3 hari setelahnya. Gejala flu umumnya muncul secara mendadak dan disertai dengan:

1. Terus bersin.

2. Badan terasa nyeri di beberapa bagian.

3. Badan terasa lemah atau mudah lelah.

4. Hidung mulai meler disertai dengan gatal.

5. Sakit kepala

6. Batuk.

7. Demam

8. Mual dan muntah.

Cara Mencegah Balita dan Bayi Terserang Flu

Bagi sebagian orang yang sistem kekebalan tubuhnya kuat, mungkin saja ia bisa tahan terhadap serangan virus flu. Namun bagi bayi atau anak-anak yang kekebalan tubuhnya masih lemah bisa dengan mudah terserang flu. Sebaiknya Anda mengikuti tips di bawah ini untuk menghindarkan si buah hati dari virus flu:

1. Bayi yang diberi ASI eksklusif bisa memiliki kekebalan terhadap pilek dan infeksi telinga. Jadi terus susui bayi Anda dengan ASI.

2. Bersihkan perlengkapan anak seperti tempat tidur, ruang bermain, hingga mainan anak dengan cairan desinfektan.

3. Saat membawa anak ke supermarket, usahakan untuk membersihkan trolley belanja dulu sebelum mendudukkan anak disana.

4. Ambil tindakan pencegahan di ruang tunggu dokter spesialis anak dengan mengambil nomer antrian pertama atau terakhir.

5. Ikuti jadwal vaksinasi bayi dengan tepat waktu.

6. Lindungi kekebalan tubuh orang tua terutama ibu dengan selalu mengkonsumsi makanan bergizi, minum banyak air putih, dan juga buah yang kaya kandungan vitamin C.

7. Jika Anda punya dana lebih, Anda bisa mengikuti vaksinasi flu bagi ibu dan juga bayi, sehingga kekebalan tubuh Anda dan buah hati semakin meningkat.

8. Jika bayi sudah mendapatkan menu MPASI, usahakan untuk selalu memberikan makanan bergizi seperti buah dan sayuran. Kandungan vitamin C dan serat dalam buah dan sayur selain mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga bisa membuat usus dan pencernaan anak sehat.

Updated: December 19, 2019 — 12:02 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *