7 Resep Masakan Khas Indonesia Dari Masing-Masing Daerah Nusantara

Sop Konro

Masakan khas Indonesia tidak hanya disukai oleh penduduk dalam negeri, tetapi banyak wisatawan dari mancanegara yang penasaran dan ingin mencicipi kuliner khas nusantara. Selain dapat mencicipi, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan beberapa resep berikut.

  1. Gangan Waluh Besantan Khas Kalimantan

Bersihkan ceker dan rendam dalam air perasan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa amis. Rebus sampai empuk, kemudian rebus juga potongan nangka muda dan tiriskan.

Tambahkan santan perasan kedua dan ketiga, lalu masukkan wuluh, bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris, sereh, lengkuas, dan kunyit yang sudah dimemarkan. Biarkan hingga mendidih dan aduk sesekali, lalu masukkan santan kental dan ceker.

Jika labu kuning atau waluh sudah agak empuk, masukkan potongan kacang panjang secukupnya. Bumbui dengan garam, penyedap rasa, dan icip-icip sampai rasa memenuhi selera Anda.

  1. Kikicak Habang Anum khas Banjar

Siapkan terlebih dahulu bahan inti atau inti yang terdiri dari 150 gram kelapa yang tidak terlalu muda atau tua dan sudah diparut, 80 gram gula merah sisir halus, 20 ml air, dan selembar daun pandan.

Masukkan dalam panci, bersama air, daun pandan, dan gula merah, lalu masuk sampai gula larut.Tambahkan kelapa parut, aduk rata hingga bahan-bahan tersebut mengering.

  1. Tahu Tek Surabaya

Buat saus kacangnya terlebih dahulu dengan menggoreng dua genggam kacang tanah sampai matang, bersama irisan bawang putih dan bawang merah. Blender semuanya dan tuang di mangkuk, kemudian bumbui dengan secukupnya gula, garam, dan petis udang.

  1. Krengsengan Koyo dan Urat Sapi Khas Jawa Timur

Panaskan wajan dan tumis dua sendok makan baceman bawang, bersama satu sendok makan margarin, rajangan bawang bombay, dan seruas jahe yang telah digeprek hingga harum. Tambahkan air secukupnya, lalu masukkan 300 gram daging campur (tetelan, urat, koyor) yang sudah direbus sampai empuk.

  1. Candil Ketan Khas Jawa Barat

Selain biji salak, masakan khas Indonesia yang satu ini juga memiliki cita rasa yang cukup serupa. Campur dua sendok makan tepung ketan, tepung tapioka, dan tepung beras dengan air hangat yang dituang secukupnya supaya adonan bisa diuleni dan menjadi lembut.

  1. Sop Konro Makassar

Presto iga sapi hingga empuk dengan secukupnya air, kemudian ambil kaldunya. Pindahkan bahan ke panci biasa, lalu rebus kembali iga sapi dan kaldu dengan 700 ml air atau secukupnya.

Haluskan sepuluh siung bawang putih, enam siung bawang merah, empat butir kemiri, satu buah kluwek, lima batang sereh, rimpang lengkuas, seruas kunyit, setengah sendok teh merica bubuk, satu sendok teh jinten bubuk, pala bubuk dan tumis hingga harum.

Masukkan bumbu tumisan ke dalam panci iga bersama dua lembar daun jeruk, sedikit kayu manis, dan setengah butir kelapa parut yang sudah disangrai.

Aduk rata, beri gula, garam, dan kaldu sapi bubuk, kemudian masak hingga mendidih. Masukkan potongan daun bawang dan seledri ke dalam sup konro, masakan khas Indonesia dengan cita rasa segar dan nikmat yang siap untuk disajikan.

  1. Sate Lilit Ayam Bali

Haluskan lima siung bawang merah, empat siung bawang putih, sedikit kunyit yang telah dibakar, lima buah cabai rawit, tiga biji kemiri sangrai, secukupnya jahe, kencur, terasi dan lengkuas.

Rupanya, tidak hanya dijadikan sebagai menu makanan berat, masakan khas Indonesia juga memiliki banyak sajian kue dan camilan tradisional yang harus dilestarikan hingga sekarang. Cara pembuatan dan bahan yang dipakai pun berbeda dengan kue-kue pada umumnya, sehingga perlu untuk Anda coba.

Updated: September 19, 2021 — 9:31 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *