5 Manfaat Hitung Usia Kehamilan

Menghitung dan mengetahui usia kehamilan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Tujuannya untuk bisa mempersiapkan proses kelahiran yang akan berlangsung nanti. Dan selain anda melakukan penghitungan usia kehamilan, ada juga manfaat cari menghitung usia kehamilan itu sendiri. Dan berikut ini adalah 3 hal yang berguna ketika anda melakukan hitung usia kehamilan.

1. Menentukan jadwal tes

Dengan anda melakukan penghitungan usia kehamilan, maka sangatlah tepat karena anda akan bisa menentukan jadwal tes. Ketika anda hendak melakukan tes USG, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi. Adapun salah satu syarat agar anda bisa melakukan tes USG pertama kali adalah usia kehamilan anda sudah memasuki 6 minggu. Lalu dari mana anda tahu bahwa usia kehamilan sudah memasuki usia 6 minggu? Adapun caranya adalah dengan melakukan itu usia kehamilan.

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan ketika melakukan USG. pada umumnya, tes USG memiliki manfaat untuk menentukan apakah bayi kembar saling berbagi plasenta di antara minggu ke-11 atau ke-14 usia kehamilan. Dengan adanya penghitungan usia kehamilan maka dokter bisa membantu anda dalam menentukan tes darah AFP (Alpha Fetoprotein).

2. Menentukan metode persalinan

Tidak hanya bisa membuat anda bisa menentukan jadwal tes dalam proses tes USG yang lancar, penghitungan usia kehamilan juga sangat baik untuk merencanakan pilihan tentang cara persalinan apa yang tepat bagi anda, entah itu normal atau caesar.

Selain yang telah disebutkan di atas, menghitung dan mengetahui usia kehamilan juga akan membantu dokter untuk memprediksi pada minggu ke berapakah sebaiknya anda melakukan proses melahirkan ketika cesar. Pasalnya penghitungan usia kelahiran tidak bisa dianggap remeh. Perlu kehati-hatian dan penghitungan yang tepat agar proses bersalin aman dan lancar. Dengan adanya hitung usia kehamilan, dokter juga dapat mempertimbangkan terkait cara induksi kehamilan dan kelahiran.

3. Menanggulangi risiko persalinan prematur

Menghitung usia kehamilan merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan. Pasalnya mengetahui usia kehamilan yang tepat mampu mencegah bayi anda terlahir prematur. Dan apabila ternyata ada kemungkinan anda mengalami bayi yang prematur maka dokter bisa melakukan antisipasi melalui tindakan spesifik agar bayi bisa lahir dengan aman dan selamat.

4. Mempersiapkan segala kemungkinan

Dengan anda melakukan penghitungan usia kehamilan, maka hal ini dapat membantu untuk mempersiapkan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Hal ini akan membuat anda siap untuk mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan nantinya, baik itu ketika akan melahirkan ataupun menjaga serta merawat janin agar tetap sehat.

5. Menyadarkan tanggungjawab seorang ibu dan ayah

Dengan orangtua mengetahui bahwa sang istri sedang hamil, hari ini memberikan kesadaran terhadap orang tua untuk menjaga janin tersebut. Memiliki momongan adalah idaman bagi setiap pasangan suami-istri. maka hal yang wajar untuk mereka bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan janin tersebut. Jadi, cobalah untuk memanfaatkan sebaik mungkin kalkulator atau alat cek kehamilan yang bisa anda akses melalui internet.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika melakukan penghitungan usia kehamilan. Cara ini tidak hanya berguna bagi anda selaku orang tua sebagai kabar gembira. Tetapi alat ini juga berguna untuk memberikan nutrisi yang baik kepada calon bayi sehingga dapat dilahirkan dengan selamat. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk menjaga pola makan agar kehamilan anda terkontrol dan sehat.

Updated: December 7, 2020 — 8:00 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *