5 Manfaat Daftar Merek Usaha Bagi Pengusaha

Font Awesome 5 solid trademark

Masih banyak pengusaha yang terbilang abai dengan merek yang dimiliki dan tidak berniat untuk mendaftarkan atau mematenkan. Berbagai alasan mulai dari banyaknya persyaratan hingga tidak memiliki waktu luang untuk mengurusnya. Padahal anda akan mendapatkan banyak kemudahan setelahnya begitu sudah melakukan daftar merek usaha. Bagi anda yang masih memiliki keraguan, berikut manfaat yang bisa anda rasakan ketika sudah mendaftarkan merek usaha anda.

Manfaat Dari Mendaftarkan Merek Dagang atau Usaha
1. Terhindar Dari Plagiarisme
Plagiarisme bisa terjadi dimana saja dan apa saja juga bisa diplagiat. Termasuk di dalamnya merek dagang atau usaha yang anda miliki. Ketika hal ini terjadi, dan anda belum mendaftarkannya maka anda tidak akan bisa melakukan apapun. Berbeda jika anda sudah melakukan pendaftaran, maka anda bisa langsung menuntut yang bersangkutan. Ranah hukum sudah bisa anda tempuh, tanpa perlu merasa khawatir untuk membasmi tindak plagiarisme.

2. Meningkatkan Nilai Aset Perusahaan
Merek dagang yang telah didaftarkan dan dipatenkan akan secara resmi diakui oleh Ditjen HKI atau Hak Kekayaan Intelektual. Sebagai bukti akan dikirimkan sertifikat akan dikirimkan langsung oleh pihak terkait. Brand ini juga menjadi salah satu aset perusahaan yang paling berharga dan bisa menentukan kesuksesan. Bahkan anda akan menemukan perusahaan yang brandnya mendapatkan pamor tinggi usai melakukan daftar merek usaha atau dagang.

3. Mempermudah Membuka Bisnis Waralaba
Jika anda ingin mengembangkan usaha anda menjadi lebih luas, maka akan lebih leluasa ketika brand telah dipatenkan. Salah satunya jika anda ingin memperluas menjadi waralaba akan semakin mudah untuk dilakukan. Semakin besar bisnis yang anda bangun, maka semakin banyak keuntungan yang bisa anda raup. Apalagi bisnis waralaba termasuk dalam bisnis yang hingga kini memiliki peluang yang besar. Berbeda jika merek belum terdaftar akan susah memulainya.

4. Menjadi Imej Perusahaan Serta Membangun Kepercayaan Konsumen
Membangun kepercayaan konsumen serta menjaga imej perusahaan merupakan hal yang tidak mudah. Dibutuhkan branding besar besaran untuk melakukannya, terutama jika merek dagang yang dimiliki masihlah belum jelas. Konsumen akan lebih susah untuk percaya dan anda akan susah untuk memperlebar bisnis. Terutama jika ada pihak yang tidak bertanggung jawab, untuk itu daftar merek pada pihak terkait adalah jalan pintas yang cukup efektif untuk lakukan branding.

5. Jaminan Perlindungan Hukum
Manfaat yang tak kalah penting dan begitu dibutuhkan adalah adanya jaminan atas perlindungan hukum. Perlindungan hukum yang valid serta bisa dipertanggungjawabkan akan semakin memudahkan anda. Hal ini bahkan telah diatur dalam UU tentang hak cipta di tahun 2002 yang bahkan langsung disahkan oleh Presiden. Perlindungan sendiri merupakan senjata utama untuk bisa melindungi originalitas akan perusahaan atau usaha yang anda kembangkan.

Sehingga bisa dikatakan jika tidak hanya merek yang bisa dijiplak, namun bisnis yang anda geluti juga dijiplak. Anda tentu tahu persaingan dunia bisnis begitu ketat dan bahkan dalam bisnis tak begitu memperdulikan kawan dan lawan. Untuk itulah jika anda mampu memberikan perlindungan dalam merek dan bisnis, maka akan mudah untuk melakukan pengembangan. Manfaat setelah daftar merek satu ini tentunya harus dimanfaatkan dengan baik.

Mematenkan merek pada badan yang terkait memang akan memberikan banyak manfaat. Terutama untuk anda yang masih baru saja terjun dalam sebuah usaha. Ada baiknya jika memantenkan brand ini dilakukan pertama kali. Dengan begitu anda akan dapat perlindungan sekaligus kebebasan dalam mengatur bisnis yang anda geluti. Jikalau anda tidak sempat, anda bisa memanfaatkan jasa pendaftaran merek ternama untuk memudahkan bisnis anda.

Updated: September 6, 2020 — 2:25 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *