5 Doa Nabi Sulaiman Yang Perlu Diketahui

Setiap Muslim yang ingin mendekatkan diri kepada Allah bisa mengamalkan doa Nabi Sulaiman. Sebagaimana diketahui bahwa para nabiyullah memiliki kisah dan mukjizat yang berbeda – beda antara satu sama lainnya. 

Nabi Sulaiman adalah nabi yang cerdas, kaya raya, berkuasa, saleh, dan juga memiliki mukjizat bisa berbicara dengan jin serta hewan. Meski memiliki banyak karunia, namun hal tersebut tidak lantas membuat Nabi Sulaiman berhenti berdoa kepada Allah. Doa – doa yang sering dilafadzkan Nabi Sulaiman pun tercantum didalam Al Quran. 

Berikut dibawah ini 5 doa Nabi Sulaiman yang perlu diketahui, diantaranya yaitu : 

1. Doa Nabi Sulaiman Agar Selalu Bersyukur 

Allah menganugerahkan banyak kenikmatan kepada Nabi Sulaiman AS, salah satunya bisa memahami bahasa binatang. Saat beliau mendengarkan dialog kawanan semut, inilah doa yang dibaca Nabi Sulaiman untuk memuji nikmat Allah. 

Bacaan Latin :

“Fatabassma dho khi kammin kowliha wa ko la rabbi ‘aw zi’ ii ‘an ‘asykura ni’matakal-latii ‘an’amta ‘alayya wa’alaa waalidaya wa’an ‘a’mala shaalihan tardhaahu wa’adkhilnii birahmatika fii ‘ibaadikash-shaalihiina.”

Artinya :

“Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, Ya Tuhanku, anugerahkan aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada orangtuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu yang saleh.” (QS. An-Naml:19). 

2. Doa Nabi Sulaiman Memohon Ampun Dan Kedudukan

“Koo la, rabbigh-firlii wa hab lii mukal-laa yambaghii li’ahadim-mim-ba’dii ‘innaka ‘antal-wah’haabu.”

Artinya :

“Dia berkata, ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.” (QS. Sad:35). 

3. Doa Nabi Sulaiman Saat Ingin Menjinakkan Hewan

“Innahu min sulaimāna wa innahų bismillāhir-rahmānir-rahīm.”

Artinya :

“Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isi)nya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (QS. An Naml:30).

4. Doa Nabi Sulaiman Untuk Menjinakkan Jin

Doa Nabi Sulaiman selanjutnya berkaitan dengan kemampuan beliau yang mampu menjinakkan jin. Saat hendak menundukkan jin, Nabi Sulaiman membaca doa ini :

“Allā ta’lu ‘alayya wa ‘tunī muslimī.”

Artinya :

“Bahwa janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang – orang yang berserah diri.” (QS. An Naml:31). 

5. Doa Diberi Kemudahan Dalam Menjalankan Strategi Politik

Nabi Sulaiman AS tidak pernah lupa ucapkan basmalah terlebih dahulu dalam setiap perbuatannya, termasuk saat menjalankan strategi politik. Berikut doa yang dibaca Nabi Sulaiman yang terabadikan dalam surat An Naml ayat 30 :

“Innahuu min Sulaimaana wa innahuu bismil laahir Rahmaanir Rahiim.”

Artinya :

“Sesungguhnya (surat) itu dari Sulaiman yang isinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

Itulah 5 doa Nabi Sulaiman yang perlu diketahui. Nabi Sulaiman sudah menunjukkan kesalehannya sejak belia. Tidak heran jika Allah memilih Beliau untuk mewarisi tahta sang ayah, yaitu Nabi Daud, untuk menyebarkan ajaran Tauhid.

Allah berfirman dalam surat Shaad ayat 30, yang artinya :

“Dan kepada Dawud Kami karuniakan (anak bernama) Sulaiman; dia adalah sebaik – baik hamba. Sungguh dia sangat taat (kepada Allah). 

Sebagai utusan Allah, Nabi Sulaiman dibekali dengan sejumlah mukjizat yang luar biasa antara lain mampu memahami bahasa hewan, menundukkan jin dan setan, menundukkan angin, serta melelehkan tembaga. 

Updated: November 1, 2021 — 9:49 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *