MBAH GENDENG

My WordPress Blog

transformator trafo step up dan step down

transformator atau yang sering disebut trafo adalah sebuah peralatan listrik yang berfungsi memindahkan daya dari satu kumparan ke kumparan lainnya secara elektromagnetik. Pada sebuah trafo terdapat dua buah kumparan yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Kumparan primer adalah kumparan dari transformator yang di beri tegangan input dari sumber energi listrik, sedangkan kumparan sekunder adalah kumparan tempat output dari daya listrik tersebut.
Berdasarkan tegangan output kumparan sekundernya maka transformator dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:
1. Transformator step up adalah trafo yang berfungsi menaikkan tegangan atau dengan kata lain tegangan output yang keluar dari kumparan sekunder lebih besar dibandingkan tegangan input yang masuk ke kumparan primer. Transformator jenis step up ini biasa dipakai pada transmisi listrik dari pembangkit.
2. Transformator step down adalah trafo yang mempunyai fungsi untuk menurunkan tegangan, dimana tegangan output akan menjadi lebih kecil dibandingkan tegangan input. biasa dipakai pada distribusi listrik dari gardu ke rumah rumah penduduk, juga sering dipakai dalam adaptor alat alat elektro. Pada transformator step down jumlah lilitan kumparan primer lebih sedikit dibandingkan kumparan sekunder dan ukuran diameter kawat tembaga lilitan primer lebih besar dibandingkan diameter tembaga lilitan kumparan sekunder.

Updated: July 16, 2016 — 8:20 pm
MBAH GENDENG © 2019 Frontier Theme