MBAH GENDENG

My WordPress Blog

Tips Membeli Perangkat Elektronik Secara Online

HP PAVILION a367c 2012 06 18

Perkembangan zaman membawa kita ke era teknologi informasi seperti sekarang ini, di mana pada era ini perangkat elektronik seperti televisi, handphone , komputer maupun laptop dll seakan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Saat ini hampir sebagian besar rumah memiliki perangkat elektronik di dalamnya. Orang orang membeli aneka macam perangkat elektronik ini dengan berbagai macam tujuan mulai dari sebagai sarana hiburan, untuk berkomunikasi dengan keluarga hingga untuk keperluan pekerjaannya.

Kemajuan teknologi juga memengaruhi motode seseorang dalam berbelanja termasuk dalam hal membeli perangkat elektronik. Dengan kesibukan dan kurangnya waktu yang dimiliki banyak diantara kita yang memilih mebeli segala sesuatu termasuk perangkat elektronik secara online. memmang harus diakui belanja elektronik secara online lebih mudah dan tak terlalu mebuang banyak waktu kita tinggal klak klik , bayar dan barang akan diantar sampai ke rumah kita.

Namun disamping ada berbagai kelebihan berbelanja elektronik secara online ada pula beberapa kekuranggannya. Beberapa kekurangan tersebut diantaranya adalah adanya sejumlah oknum penipu yang setelah menerima uang pembayaran barang tidak dikiraimkan atau kalaupun dikirimkan barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Tentunya jika hal ini terjadi pada kita sebagai konsumen kita pasti akan merasa sangat kecewa. agar tidak timbul kekecewaan dalam pembelian perangkat elektronik secara online sebaiknya sebelum kita berbelanja kita mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah :

1. Tempat Belanja Online
Mengingat saat ini ada ratusan toko online yang berjualan elektronik maka kiat sebaiknya jeli dalam menentukan tempat belanja online. Pilihlah di toko online atau market place yang terpercaya dan memiliki reputasi bagus. Pastikan juga di tempat belanja kita ini mempunyai kebijakan pengembalian uang jika barang tidak terkirim atau barang yang dikirimkan ke kita bermasalah.

2.Spesifikasi Barang
Mengingat barang yang kita beli adalah perangkat elektronik yang tentunya membutuhkan energi listrik maka sebaiknya peralatan elektronik yang kita beli tersebut sesuai dengan listrik yang ada di rumah kita. Kesesuaina ini meliputi kesesuaian tegangan, daya , frekuensi maupun bentuk konstruksi inputnya.

3. Kualitas Barang
Karena kita tidak bisa melihat barang secara langsung sebelum sampai di rumah kita maka salah satu cara untuk mendapatkan barang dengan kualitas bagus adalah dengan membeli perangkat elektronik dengan merk yang terkenal bagus. Pastikan juga barang tersebut juga memiliki garansi ydengan jangka waktu yang cukup panjang minimal setahunlah.

4. Harga Barang
salah satu unsur penting dalam belanja online adalah memilih barang dengan harga yang sesuai. Dalam berbelanja secara onlin ekita bisa dengan mudah membandingkan harga antara toko online satu dengan yang lainnya untuk mendapatkan harga yang paling murah dan masuk akal. Untuk mendapatkan harga yang murah kita juga bisa memanfaatkan adanya promo misalnya saja promo hp elektronik  yang sering diberikan oleh toko online dalam event event tertentu.

5.Ongkos Kirim
Dalam berbelanja di sebuah toko online, lokasi tempat kita tinggal sebaiknya juga diperhitungkan. Karena lokasi ini menentukan besar kecilnya ongkos kirim yang harus kita bayarkan. Disamping masalah ongkir alasan lain kita harus mempertimbangkan lokasi kita tinggal adalah karena adanya sejumlah toko online yang hanya bisa mengirimkan barang ke wilayah tertentu misal ada toko online yang hanya bisa menjual dan mengirimkan barangnya ke wilayah jabodetabek saja.

Selain lokasi faktor lain yang menentukan besar kecilnya ongkos kirim dari sebuah barang adalah ukuran dan beratnya. Semakin besar dan berat barang tentunya harganya semakin mahal. Jadi sebelum memutuskan berbelanja secara onlin eterlebih dahulu kita perhitungkan antara harga barang jika dibeli secara offline di toko terdekat dengan harga barang + ongkos kirim jika dibeli secara online.

6. Kecepatan Pengiriman Barang
Jika barang elektronik yang akan kita beli adalah barang yang sangat urgent maka pilihlah toko online dengan jasa pengiriman yang memungkinkan barang bisa sampai ke alamat kita dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Updated: March 25, 2017 — 5:33 am
MBAH GENDENG © 2018 Frontier Theme