MBAH GENDENG

My WordPress Blog

Smartfren Yang Tidak Bersahabat Lagi

Smartfren bisa dibilang merupakan salah satu operator yang layanan 4G LTE nya menjangkau hingga ke daerah daerah pelosok. Hingga beberapa waktu yang lalu tarif internet dari Smartfren pun tergolong cukup murah. Bahkan beberapa tahun yang lalu bisa dibilang Smartfren d adalah layanan internet yang sangat murah dengan paket Trie unlimitednya. Namun sejak awal april ini predikat murah ini menurut saya sudah bukan hal yang cocok untuk disandang oleh Smartfren. Hal ini tidak terlepas dari 2 kebijakan tarif internet smartfren yang saya rasa cukup memberatkan. Setelah perubahan ini tarif internet smartfren menjadi tidak begitu bersahabat lagi. Dua hal tersebut adalah :

1. Berubahnya smartfren smartplan limitless menjadi smartplan saja. Di mana ketik masih bernama smartplan limitless kita masih bisa mengakses internet meski kuota kita sudah habis ( tentunya dengan kecepatan yang dikurangi), namun sejak awal april ini paket ini ganti nama menjadi smartplan saja dan ketika kuota habis kita sudah tidak bisa konek ke internet lagi, kita harus membeli add on agar bisa konek lagi. add-on yang tersedia sendiri adalah 25 ribu untuk 1 GB dan 10 ribu untuk 250 MB.

2. Dihapuskannya paket internet malam, sebelumnya ketika kita membeli paket internet volume mulai dari 60 ribu kita juga akan mendapatkan kuota internet malam sebesar 12 GB. Jadi ketika kita beli paket volume 60 ribu kita akan dapat 2 GB + 12 GB internet malam. Namun kini ketika kita beli paket internet volume Smartfren senilai 60 ribu kita hanya mendapatkan kuota sejumlah dua giga saja.

Updated: April 6, 2017 — 2:23 pm
MBAH GENDENG © 2018 Frontier Theme