MBAH GENDENG

My WordPress Blog

Perawatan Bayi Baru Lahir, Apa Saja yang Perlu Dikethui

perawatan bayi baru lahir

Perawatan bayi baru lahir adalah salah satu hal yang penting dilakukan dengan baik dan benar oleh para orang tua bayi. Hal ini karena perawatan terhadap bayi ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kondisi bayi misalnya terhadap kesehatan dan tumbuh kembang bayi di kemudian hari. bayi yang diberikan perawatan dengan baik biasanya juga akan memiliki kondisi yang lebih bagus dibandingkan yang hanya dirawat sekedarnya saja.

Oleh karena itu penting bagi orang tua atau calon orang tua untuk mengetahui apa saja perawatan yang perlu dilakukan kelak ketika anak mereka lahir. Untuk itu para orang tua khususnya calon ibu yang hamil untuk pertama kalinya ada baiknya berkonsultasi dengan mereka yang sudah ahli dan berpengalaman dalam melakukan perawatan bayi. Konsultasi ini bisa dilakukan dengan dokter, bidan ataupun kerabat yang sudah berpengalaman dalam merawat bayi. Sehingga kelak ketika bayi sudah lahir ia tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam merawat bayi yang baru lahir tersebut.

Beberapa hal yang berkaitan dengan perawatan bayi baru lahir yang sebaiknya diketahui oleh orang tua bayi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kondisi Tubuh bayi
    Kondisi tubuh seorang bayi tentunya berbeda dengan orang dewasa sehingga perlakuan saat merawatnya pun tentunya juga tidak sama. Misalnya saja kulit bayi biasanya lebih sensitif sehingga rentan terkena biang keringat dan kulit mudah kering. Untuk menatasi kulit kering maka sebaiknya melakukan perawatan dengan menggunakan baby oil yang mengandung vitamin E dan memandikan bayi minimal sehari sekali, memandikannya pun juga dengan cara khusus yakni cukup dilap dengan wash lap yang sudah diberi sabun khusus bayi. Sedangkan masalah biang keringat bisa dicegah dengan memberikan bedak bayi yang mengandung provitamin B5.
    Demikian juga kondisi bagian tubuh lainnya dari bayai seperti mata, kuku, mulut, telinga juga dilakukan perawatan dengan cara yang khusus untuk bayi.
  • Pemberian ASI terhadap Bayi
    Berbeda dengan kondisi sebelum bayi lahir dimana bayi yang berada di rahim ibunya memperoleh makanan secara langsung dari plasena, maka setelah bayi lahir pemberian makanan bayi ini dilakukan dengan cara menyusuinya. Dalam pemberian ASI ini patut juga diperhtaikan banyak sedikitnya. Selama memberi ASI kepada bayi, sang ibu juga harus memperhatikan pola makannya sendiri, sebaiknya sang ibu mengkonsumsi makanan makanan yang memiliki nutrisi.
  • Buang Air Besar dan Kecil Bayi
    Kita juga harus memperhatikan bayi dalam hal buang air baik besar maupun kecil. Tekstur dan warna dari feses bayi ini juga bisa menjadi tanda kurang tidaknya asi yang diberikan. Hal lain yang perlu juga kita perhatikan adalah mengganti popok, jangan sampai popok bayi kotor dan lembab yang bisa mengundang mikroorganisme berbahaya bagi bayi.
  • PemilihanPakaian yang Dipakai Bayi
    Dalam pemilihan pakaiana bayi ini harus kita perhatikan beberapa hal seperti kondisi suhu dilingkungan kita sehingga bayi tidak kepanasan ataupun kedingaina. Perlu juga diperhatikan adalah ukuran dari pakaian itu, jangan kekecilan ataupun terlalu kebesaran. Pakaikan pakaian yang ukurannya cocok dengan bayi sehingga ia merasa nyaman.

Demikianlah tadi beberapa hal penting yang sebaiknya diketahui dalam perawatan bayi. Semoga bermanfaat untuk para pembaca sekalian.

Updated: December 12, 2017 — 7:50 pm
MBAH GENDENG © 2018 Frontier Theme