MBAH GENDENG

My WordPress Blog

Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan? Pakailah Perlengkapan Berikut Ini

Melakukan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor setiap hari di musim hujan seperti sekarang ini bisa dibilang merupakan sebuah pekerjaan yang cukup riskan. Di samping jalanan yang menjadi cukup licin karena tersiram air hujan, Badan yang kehujanan dan kedinginan saat mengendarai sepeda motor juga berisiko terkena berbagai jenis penyakit seperti flu, masuk angin dan sebagainya. Belum lagi barang bawaan penting yang kita bawa dengan motor menjadi  basah dan berisiko rusak saat terkena air hujan.

Namun jika memang karena keadaan kita harus tetap bepergian menggunakan sepeda motor saat hujan maka ada hal hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya. Persiapan ini mulai dari persiapan pada  kendaraan seperti mengecek dan memastikan bagian-bagian sepeda motor seperti ban, rem, dan lain sebagainya bisa tetap berfungsi dengan baik saat kehujanan hingga ke persiapan perlengkapan apa saja yang harus kita bawa dan pakai saat mengendarai motor sewaktu hujan. Ada beberapa perlengkapan yang harus kita pakai atau bawa saat berkendara sewaktu hujan misalnya saja yaitu :

Helm

Helm merupakan peralatan safety yang harus dipakai setiap pengendara sepeda motor tak peduli saat hujan maupun tidak. Namun pada kondisi hujan pemakaian helm ini harus lebih diperhatikan lagi. Pemilihan helm yang dipakai saat hujan hendaknya harus memperhatiakn beberapa hal misalnya saja kaca helm haruslah tetap jelas meskipun terkena tetesan air hujan sehingga pengendara motor yang memakai helm tersebut tetap dapat melihat kondisi jalan raya dan sekelilingnya dengan baik. Usahakan juga menggunakan helm yang mampu mencegah air masuk ke kepala kita. Pada kondisi hujan maka pilihan terbaik helm yang dipakai adalah helm jenis full face.

Jas Hujan

Untuk mencegah tubuh kita basah saat mengendarai sepeda motor sewaktu hujan maka penggunaan jas hujan adalah solusi cukup baik yang perlu dilakukan. Untuk jas hujan yang dipakai sendiri paling tidak memiliki beberapa kriteria seperti terbuat dari bahan yang tahan air seperti PVC atau karet, nyaman saat digunakan, serta ringkas saat dibawa. Dan untuk keamanan pengendara sebaiknya pilihlah jas hujan model setelan jangan pilih yang model ponco. Hal ini karena jas hujan model ponco bisa berisiko terseret jeruji kendaraan sehingga menyebabkan kita jatuh. Pastikan juga memilih jas hujan yang memiliki warna mencolok sehingga mudah dilihat pengendara lainnya di jalan.

Sarung tangan
Pada saat hujan bagian tangan adalah bagian yang terpapar hujan secara langsung sehingga tidak jarang tangan menjadi licin dan menjadikan kita mengalami kesulitan dalam mengendalikan stang sepeda motor. Untuk mencegah hal ini maka sebaiknya kita menggunakan sarung tangan. Dan bahan dari sarung tangan ini hendaknya dipilih dari bahan bahan terbaik yang tidak licin walau terkena air hujan dalam jumlah cukup besar. Selain mencegah licinnya tangan sarung tangan khusus motor yang dipakai saat hujan ini juga bisa mengurangi rasa dingin yang timbul ketika tangan terkena air hujan. Tangan yang dingin ini pada beberapa orang terkadang bisa menimbulkan kesemutan atau bahkan kram yang bisa membahayakan saat mengendalikan stang motor.

Sepatu

Menggunakan sepatu saat mengendarai motor merupakan salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan. Penggunaan sepatu sepatu khusus motor ini bisa mengurangi risiko cedera saat mengendarai sepeda motor. Dan saat hujan maka sebaiknya menggunakan sepatu yang tahan air serta tidak licin. Andai kata sepatu yang kita pakai saat hujan adalah sepatu biasa maka hal ini masih bisa diakali dengan menggunakan cover sepatu untuk menutupi sepatu tersebut.

Peralatan Service Ringan

Saat hujan kadang-kadang sepeda motor kita mengalami gangguan di tengah perjalanan. Salah satu gangguan yang biasanya terjadi misalnya adalah busi sepeda motor yang menjadi basah dan tidak berfungsi optimal lagi. Kita mengatasi gangguan ini dengan menunggu busi kering atau membawa busi cadangan dan menggantinya saat terjadi gangguan pada busi. Oleh karenanya ada baiknya jika kita membawa beberapa peralatan service ringan saat melakukan perjalanan dengan sepeda motor ini. Beberapa peralatan ini misalnya obeng, kunci dengan aneka ukuran, kabel jumper aki, dan sebagainya.

Updated: December 18, 2018 — 2:58 pm
MBAH GENDENG © 2019 Frontier Theme