Mengenal Generasi X Y Z Berikut Karakteristik yang Dimilikinya

generasi x y z

Beberapa waktu belakangan ini mungkin saja banyak di antara kita yang sering mendengar istilah tentang generasi x y z. Mungkin sebagian diantara kita cukup mengerti dan juga paham mengenai hal tersebut, Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui sama sekali tentang apa itu generasi x, y maupun z. Nah di artikel saya kali ini saya akan sediki mengulas tentang ke tiga jenis generasi tersebut. Pada artikel ini yang akan saya bahas meliputi siapa siapa saja yang termasuk ke dalam generasi x, siapa yang generasu y dan siapa pula yang termasuk generasi z berikut dengan ciri ciri dan karakteristiknya masing masing.

Generasi X
Generasi x ini biasanya di sematkan kepada mereka merka yang lahir antara tahun 1965 hingga 1980 atau saat ini mereka rata rata berumur antara 40 hingga 59 tahun . Mereka yang lahir pada tahun tahun tersebut adalah generasi atau orang orang yang mengalami peristiwa perang dingin antara blok barat yang dipimpin amerika serikat dengan blok timur di bawah uni sovyet, mereka juga mennyaksikan keruntuhan uni sovyet yang kemudian pecah menadi berbagai negara. Generasi x juga merupakan generasi yang mengalami awal awal perkembangan komputer yang masih cukup sederhana seperti penggunaan disket sebagai media penyimpanan data mereka misalnua. Di Indonesia orang orang generasi x bisa dibilang merupakan salah satu penggerak terjadinya reformasi pada tahun 1998 yang lalu.

Adapun untuk karakteristik dari generasi x sendiri antara lain adalah sebagai berikut :genarasi x ini banyak yang berjiwa bebas dan juga bersikap kritis terhada situasi yang ada di sekitarnya serta cukup ambisius.

Generasi Y

Setelah kemunculan generasi x maka generasi yanga da selanjutnya adalah generasi Y. Generasi ini adalah generasi yang dilahirkan pada tahun setelah generasi x hingga kelahiran tahun 1995. Atau kalau dilihat secara umur generasi y adalah mereka yang saat ini memiliki usia antara 25 hingga 38 tahun. Karena mereka tumbuh di era pergantian milenium maka tidak jarang cukup banyak yang menyebut mereka sebagai generasi milenial. Generasi Y bisa dibilang generasi yang mengalami perkembangan dan perubahan teknologi yang sangat pesat. Mereka tumbuh di kala dunia teknologi informasi seperti internet juga sedang bertumbuh. Untuk urusan penggunaan internet ini sebagaian generasi y telah menggunakan internet untuk keperluan komunikasi sejak era miRc hingga twitter dan berjejaring sosial dengan friendster samapi ke facebook. Meskipun sebagian besar diantara generasi y ini sudah mengenal internet, namun mereka juga dibesarkan juga dengan aneka macam permainan tradisional sehingga tidak jarang saat ini mereka sering bernostalgia dengan istilah istilah generasi 90an nya. Generasi Y bisa dikatakan merupakan angkatan kerja produktif saat ini.

Untuk karakteristik dari generasi y ini antara lain adalah  terbuka terhadap perkembangan zaman, cukup individualis serta sering ingin terlihat berbeda dengan orang orang yang ada di sekitarnya.

Generasi Z

Generasi Z ialah generasi yang lahir setelah era generasi x hingga mereka yang lahir tahun 2010 an. Atau bisa dibilang generasi  ini adalah mereka yang saat ini berumur antara 10 hingga 25 an tahun. Generasi z ini rata rata adalah merak yang cukup bergantung terhadap internet dan juga teknologi informatika lainnya sehingga tidak jarang disebut juga sebagai iGeneration. Saat ini generasi Z rata rata sedang memasuki umur umur sekolah, kuliah maupun awal memasuki dunia kerja atau karir mereka.

Untuk karakteristiknya sendiri generasi ini rata rata berkarakter toleran terhadap apa yanga ada di sekitarnya, mereka juga cukup multi tasking yang artinya bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam satu waktu

Updated: May 10, 2019 — 4:12 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *