MBAH GENDENG

My WordPress Blog

Mau Investasi Tanah? Begini Kelebihan dan Kekurangannya!!

Investasi tanah merupakan salah satu cara investasi yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Meningkatnya nilai jual rumah mengharuskan masyarakat untuk memilih alternatif lain guna melancarkan impian memiliki rumah idaman sejak dini. Tidak sedikit para pekerja dengan usia muda yang sudah mulai menabung untuk membeli rumah dengan mulai dari investasi tanah. Meskipun nilai jual tanah sempat melonjak berkali kali khususnya ketika tahun 2012 hingga 2013. Tapi semakin berjalannya waktu, nilai jual tanah mulai terkoreksi dengan sendirinya. Hal inilah yang menjadi penyemangat masyarakat untuk memunculkan minat investasi tanah. Bila kamu salah satu masyarakat yang bergairah untuk investasi tanah dibandingkan dengan beli rumah. Ada baiknya kamu perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi tanah ini guna memantapkan keputusanmu.

  • Kelebihan Investasi Tanah

a. Tingkat Kenaikan Capital Gain Tinggi

Sudah menjadi keharusan bagi seorang investor untuk memiliki tanah dengan kenaikan capital gain yang cukup tinggi. Presentasi yang tercapai umumnya kisaran 20 % hingga 25 %. Namun angka ini masih belum fix, karena sangat tergantung dari lokasi tanah yang kita pilih. Sama halnya ketika kita memilih rumah dijual di Jakarta lokasi merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk dipertimbangkan. Bila tanah terletak di kawasan berkembang yang dimaksudkan akses dan infrastruktur di kawasan tersebut terus dibangun, kemungkinan kenaikan gain di masa yang akan datang bisa mencapai 100 % hingga 200 %. Sebaliknya bila kamu investasi tanah di kawasan yang kurang bersinar hal ini sudah dapat dipastikan bahwa tidak ada kenaikan gain yang tercapai.

b. angun Rumah Idaman Sesuai Selera

Ketika kamu memutuskan untuk investasi tanah, kamu sudah memutuskan untuk menggunakan tanah tersebut untuk masa depanmu. Kamu bisa menggunakannya untuk membangun rumah idaman bersama keluarga kecilmu di masa depan. Atau kamu bisa menjualnya untuk membeli rumah yang kamu inginkan atau untuk keperluan mendesak. Dengan begitu kamu sudah memiliki tabungan sebagai dana untuk keperluan tak terduga.

c. Minim Biaya Perawatan

Dibandingkan dengan investasi properti lainnya. Investasi tanah jauh lebih ringan dan tidak terlalu menyulitkan untuk menjaganya seperti ketika kamu membeli apartemen, ruko, atau rumah.

d. Nilai Plus

Bila kamu memiliki tanah yang sangat luas untuk melakukan investasi tanah, kamu bisa menggandakan investasi tanah yang kamu miliki. Bagaimana caranya ? kamu bisa membuat perumahan sederhana dengan menggunakan sisten cluster. Dengan begitu harga jual tanah yang kamu miliki akan meningkat dan keuntungan yang kamu raih pun jauh dari apa yang kamu banyangkan.

e. Gunakan Untuk Bisnis

Salah satu keuntungan investasi tanah dibandingkan dengan investasi lainnya ialah. Ketika kamu memiliki lokasi tanah di area perkantoran, gedung serba guna atau sekolah kamu bisa menggunakan tanah yang kamu miliki sebagai tempat parker. Atau bila kamu memiliki hobi berkebun kamu juga bisa menyalurkan hobimu di tanah tersebut sambil menunggu kenaikan capital gain yang maksimal.

  • Kekurangan Investasi Tanah

a. Tidak Ada Pemasukan

Ketika kamu membiarkan tanah kosong di diamkan begitu saja selama beberapa tahun. Kamu tidak mendapatkan pemasukan apapun dari investasi tanah yang kamu beli tersebut. Bahkan kamu tidak bisa menyewakan tanah kosong tersebut. Hal ini memang sangat berbeda ketika kamu investasi rumah yang bisa dengan mudah kamu sewakan kepada yang membutuhkannya selama kamu menunggu nilai jualnya meningkat. Meskipun begitu, bila kamu memiliki dana yang memadai kamu bisa mensiasatinya dengan membangun kos kosan atau ruko sederhana sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

b. Modal Besar

Jika kamu memilih untuk investasi tanah di lokasi yang cukup bagus seperti di kawasan berkembang atau di dekat kota. Kamu memerlukan biaya yang cukup besar untuk membelinya. Belum lagi ketika kamu memutuskan untuk membangun rumah diatas tanah tersebut kamu perlu menabung kembali untuk mendapatkan rumah dengan desain dan bentuk yang kamu inginkan.

c. Biaya Perawatan Meningkat

Bila kondisi investasi tanah tidak kamu manfaatkan dengan baik dan tidak digunakan untuk aktivitas apapun. Maka kamu akan mengeluarkan biaya – biaya ekstra untuk merawatnya. Biaya seperti pajak dan penjagaan harus kamu tunaikan dengan rutin dan teratur. Jika kamu lalai membayarnya bisa jadi ada tangan – tangan jahil yang memindahkan patok tanah yang kamu miliki atau bahkan bisa jadi tanah yang kamu miliki disalah gunakan oleh oknum tertentu.

Informasi diatas cukup untuk meyakinkan dan memantapkan pilihanmu untuk melakukan investasi tanah atau memilih rumah untuk masa depanmu. Ambil jalan yang menguntungkan dan mudah kamu jalankan. Dengan begitu kamu tidak akan kesulitan dalam menjalani dan menerapkan segalanya. Persiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi hal – hal yang tidak terduga. Semoga ulasan diatas bermanfaat dan bisa diterapkan dengan baik. Terima kasih.

Updated: April 17, 2017 — 5:08 am
MBAH GENDENG © 2018 Frontier Theme