MBAH GENDENG

My WordPress Blog

Belajar Sejarah di Kota Tua Jakarta

Bila Anda kebetulan memiliki kesempatan untuk berkunjung ke Jakarta, tak perlu bingung hendak berwisata ke mana. Ada beragam destinasi menarik di kota ini, mulai dari objek wisata edukasi, sejarah, ramah anak, hingga instagramable.

Nah, jika Anda ingin sesekali menghabiskan waktu libur untuk belajar sejarah, Kota Tua Jakarta adalah tempat yang tepat. Wilayah seluas 1,3 km persegi ini menawarkan pemandangan menarik sekaligus edukasi sejarah yang tak ternilai harganya. Kunjungi saja beberapa bangunan di Kota Tua Jakarta berikut ini.

1. Museum Fatahillah

Sumber : jakarta-tourism.go.id

Selain dikenal dengan nama Museum Fatahillah, bangunan ini disebut juga Museum Sejarah Jakarta. Letaknya tepat di pelataran Kota Tua. Dari luar, Musem Fatahillah tampak megah dengan gaya bangunan klasik.

Di bagian dalam museum, terdapat banyak ruang seperti Ruang Jayakarta, Ruang Tarumanegara, Ruang Fatahillah, Ruang Sultan Agung, Ruang Prasejarah Jakarta, dan sebagainya. Pada ruangan-ruangan inilah tersedia banyak informasi terkait sejarah Jakarta, baik dalam bentuk replika maupun bentuk koleksi lainnya.

Selain bisa melihat koleksi museum, ada beberapa kegiatan yang juga digelar di museum Fatahillah, yaitu Wisata Kampung Tua, Jelajah Malam Museum, Workshop Sketsa Gedung Tua, Pentas Seni Ala Jakarta, dan sebagainya.

Ada pula fasilitas berupa perpustakaan yang berisi koleksi buku sebanyak 1.200 judul. Sebagian besar buku-buku ini merupakan warisan dari masa kolonial dan terdiri atas banyak bahasa.

2. Museum Bank Indonesia

Berada di kawasan Kota Tua Jakarta, museum ini cukup mudah untuk dijangkau. Hal yang menarik dari Museum Bank Indonesia adalah arsitekturnya yang terlihat megah. Namun, bukan hanya tampilan luarnya saja yang mengagumkan. Ternyata, ada banyak koleksi menarik dari masa lampau yang dapat ditemukan di museum ini.

Melalui koleksi tersebut, para pengunjung dapat mempelajari sejarah, baik melalui pola kehidupan nenek moyang hingga perjuangan para pahlawan selama masa perang kemerdekaan.

3. Museum Wayang

Museum lainnya yang layak dituju sebagai destinasi wisata edukasi di Jakarta adalah Museum Wayang. Museum ini dibangun pada 1640 dan mengalami beberapa kali perbaikan. Di dalam museum terdapat banyak koleksi wayang yang bisa dilihat, mulai dari wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang kulit, wayang janur, dan sebagainya.

Bukan hanya itu, ada pula banyak koleksi tambahan berupa boneka dari berbagai negara di seluruh dunia. Dengan berkunjung ke Museum Wayang, para pengunjung pun dapat mempelajari berbagai kisah dari dunia perwayangan.

4. Museum Seni Rupa dan Keramik

Sumber : ilmuseni.com

Dari luar, museum yang satu ini terlihat kokoh karena dilengkapi oleh jejeran beberapa tonggak semen yang berukuran sangat besar. Tonggak-tonggak semacam ini bisa dijumpai kembali di beberapa sisi bangunan bernuansa putih tersebut.

Di dalam museum, terdapat banyak koleksi seni rupa dari berbagai bahan yang dirancang dengan aneka teknik. Ada pula beberapa koleksi keramik, baik produk lokal maupun asing yang disimpan di isni. Semuanya berkisah tentang banyak hal pada masa lampau.

Demikian 4 destinasi menarik yang bisa Anda kunjungi saat berwisata ke Kota Tua Jakarta. Selain itu, ada juga beberapa bangunan lain yang sebenarnya masih layak untuk dikunjungi.

Apabila Anda berencana mengunjungi Kota Tua Jakarta dari luar kota, pertimbangkanlah untuk sekaligus menginap di Jakarta. Untuk tempat menginap, ada banyak hotel murah di Jakarta yang bisa Anda pilih. Caranya, bukalah website Airy Rooms atau aplikasinya dan pesan penginapan yang sesuai dengan impian Anda.

Jangan ragu, penginapan yang tersedia telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan layanan terbaik, seperti WiFi, tempat tidur bersih, dan shower air hangat.

Updated: January 10, 2018 — 5:20 pm
MBAH GENDENG © 2018 Frontier Theme