MBAH GENDENG

My WordPress Blog

Apa Itu Spooring dan Kapan Perlu Melakukan Spooring Pada Sebuah Mobil ?

apa itu spooring

Meskipun spooring dan balancing merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan pada mobil secara berkala namun ternyata masih cukup banyak juga diantara para pemilik kendaraan yang belum mengetahui apa itu spooring. Sebenarnya apa sih spooring itu, kapan perlu dilakukan spooring ? Untuk mengetahuinya anda bisa menyimak tulisan di bawah berikut ini.

Pengertian Spooring dan Balancing

Spooring merupakan saah satu tindakan yang dilakukan untuk meluruskan atau menyeimbangkan kedudukan dari kaki kaki pada sebuah mobil. Seperti yang kita ketahui bersama sebuah mobil yang secara rutin digunakan apalagi jika kondisi medan yang dilalui cukup berat seperti jalan yang rusak, tidak rata dan sebagainya maka lama kelamaan roda dari mobil tersebut akan tergeser dan tidak presisi. Dan dengan dilakukannya spooring serta balancing diharapkan keseimbangan dan kelurusan dari letak roda mobil akan kembali presisiĀ  seperti saat keluar dari pabrik. Spooring ini umunya dilakukan terhadap roda depan dari sebuah mobil karena memang kebanyakan mobil roda depannya lah yang sering bergeser.

Kapan Sebuah Mobil Perlu Melakukan Spooring dan Balancing

Kegiatan spooring dan balancing pada mobil merupakan slaah satu hal yang perlu dilakukan secara rutin setiap jangka waktu tertentu. Selain dilakukan secara rutin spooring dan balancing ini juga perlu dilakukan ketika mobil mulai tidak nyaman saat dikendari dengan tanda tanda sebagai berikut ini :

  • Setir bergetar ketika mobil memasuki kecepatan tertentu, salah satu tanda bahwa mobil memerlukan tindakan spooring dan balancing adalah ketika sebuah mobil menambah kecepatan sampai tingkat kecepatan tertentu setir mobil ikut bergetar. Getaran ini terjadi karena setir mobil atau sistem kemudi memang berhubungan dengan roda depan sebuah mobil. Jadi ketika roda depan mobil ini tidak seimbang maka sistem kemudi dalam hal ini setir mobil akan terpengaruhi juga.
  • Mobil terasa bergerak ke kiri dan kanan padahal sedang berjalan lurus, hal ini juga merupakan salah satu tanda mobil memerlukan spooring maupun balancing. Karena jika hal ini dibiarkan bisa saja ada kemungkinan terjadi kecelakaan pada mobil tersebut entah itu menabrak atau yang lainnya
  • Saat parkir di tempat yang lurus dan datar posisi ban miring. Memang untuk hal ini bisa saja karena tekanan udara pada ban yang tidak sama. Namun jika ternyata tekanan udar pada ban sama dan saat diparkir ban miring berarti ban mobil memang perlu mendapat tindakan spooring dan balancing.
  • Mobil sudah melewati jumlah kilometer tertentu. Ketika sebuah mobil telah berjalan dan melewati kilometer tertentu tentu kondisi mobil tersebut termasuk juga roda dari mobil berubah. Perubahan ini salah satunya terjadi terhadap keseimbangan dari roda mobil. Dan untuk memulihkannya seperti sedia kala perlu dilakukan spooring dan balancing. Untuk mobil mobil yang bisa melewati medan ringan, jalanan baik dan rata spooring bisa dilakukan setelah menunjukkan angka 20.000 kilo meter. Sementara untuk mobil yang terbiasa melewati medan berat seperti jalanan yang rusak, tidak rata dan banyak lobang di sana sini maka spooring perlu dilakukan ketika mobil sudah memasuki 10.000 kilo meter. Di samping itu mobil yang sudah 6 bulan dipaki perlu juga diperiksa apakah perlu melakukan spooring atau tidak.
  • Posisi ban mobil yang sudah tidak sejajar. Ketika kita mengamati mobil dari bagian belakang dan mendapati bahwa posisi ban tidak sejajar lagi maka spooring perlu dilakukan.
  • mobil berjalan miring ketika dikendarai.
Updated: March 28, 2019 — 1:18 pm
MBAH GENDENG © 2019 Frontier Theme