MBAH GENDENG

My WordPress Blog

4 Tips Penting Berbelanja Online Aman Melalui Internet

Jika disuruh memilih, berbelanja online memang lebih banyak peminatnya dibandingkan berbelanja langsung. Karena selain praktis dan aman, harga pun juga dipatok lebih murah. Tetapi sebagai masyarakat cerdas, pelanggan perlu dituntut untuk selalu waspada dan teliti dalam berbelanja online. Guna menghindari beberapa penipuan yang tak diinginkan, berikut 5 tips bermanfaat dari Blanja.com untuk berbelanja online yang aman melalui internet.
1. Cari testimonial situs belanja online
Dalam kasus ini, testimonial yang dimaksud adalah testimonial umum yang bisa dicari di internet. Dengan cara mencari informasi dari situs toko online tersebut melalui mesin pencari seperti Google. Biasanya ada beberapa pelanggan yang mengutarakan komplain, kepuasan, ataupun hal terkait lainnya setelah mereka mencoba berbelanja online di sebuah situs tertentu. Hal tersebut bisa dijadikan panutan dan pedoman untuk mengetahui kualitas dari produk dan pelayanan sebuah toko online.
2. Periksa keamanan situs toko online
Situs sebuah halaman internet yang aman biasanya memiliki logo gembok kecil yang terdapat pada pojok kanan atas alamat URL tersebut. Hal ini dapat dicek secara mudah melalui komputer dengan langsung mengunjungi situs jual beli online. Keamanan sebuah situs juga bisa diperiksa melalui tambahan huruf ‘S’ setelah ‘HTTP’. ‘HTTPS’ sendiri berarti Hypertext Transfer Protocol Secure. Toko online yang paling aman akan mengubah ‘HTTP’ dari situs ini saat memasuki halaman konfirmasi pembayaran. Periksa juga sertifikat SSL pada toko online tersebut sebagai situs belanja online terpercaya.
Selain itu banyak juga toko online yang masih memiliki protokol atau akhiran website berupa wordpress atau blogspot. Situs seperti inilah yang banyak perlu dihindari oleh masyarakat karena belum tejamin keamanannya.
3. Curigai barang yang terlampau murah
Harga barang murah tidak menjamin bahwa situs jual beli online tersebut adalah toko online yang aman. Jangan terlalu terburu-buru karena tergiur harga yang sangat murah, bahkan melebihi rata-rata dari sebuah produk. Bisa jadi harga tersebut merupakan barang palsu atau imitasi, dan modus penjual yang tidak akan mengirimkan barangnya segera setelah pelanggan mentransfer sejumlah uang. Modus penipuan dengan cara ini banyak dilakukan di toko online yang hanya bermodalkan situs abal-abal.
4. Hanya beli di Blanja.com
Blanja.com merupakan situs jual beli produk secara online di internet. Dengan menerapkan sistem pembelian yang aman, sistem pembayaran yang terjamin aman, dan produk yang ditawarkan juga berkualitas. Blanja.com memang menawarkan harga yang juga murah, tetapi terlampau normal untuk harga barang tersebut. Karena memang produk yang ditawarkan disini semuanya berkualitas dan terhindari jauh-jauh dari segala macam modus maupun oknum penipuan. Pastikan Anda hanya memilih situs belanja online yang aman seperti di blanja.com, aman, murah, murah, terjamin, dan terpercaya.
Updated: October 20, 2016 — 12:17 pm
MBAH GENDENG © 2019 Frontier Theme